Rekomendasi Makanan Mengandung Mineral untuk Dikonsumsi Menurut SehatQ.com


Mineral merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam tubuh manusia, terutama untuk fungsi otak dan jantung. Mineral sangat dibutuhkan untuk membangun ratusan reaksi enzim yang ada dalam tubuh manusia, dengan demikian mineral memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dari vitamin. 

Jika Anda belum mengetahui apa saja makanan mengandung mineral, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang akan berikan berdasarkan artikel kesehatan yang termuat di situs SehatQ. 

Makanan Mengandung Mineral yang Wajib Anda Konsumsi untuk Kesehatan Tubuh


Beberapa rekomendasi makanan yang mengandung mineral ini sangat mudah ditemukan di pasaran, dan berikut ini adalah daftarnya.

1. Alpukat

Tahukan Anda bahwa alpukat mengandung mineral potasium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pengendalian tekanan darah. Tak hanya itu alpukat juga kaya akan serat, vitamin, dan lemak yang dimana didalamnya terdapat magnesium, potasium, mangan, serta copper. Para peneliti menemukan sebuah fakta bahwa orang yang sering mengonsumsi alpukat 24% lebih rendah mengalami resiko stroke dan juga penyakit jantung.

2. Berries

Berries mengandung potsium, magnesium, serta mangan yang sangat penting untuk metabolisme energi, kekebalan tubuh, dan juga mengelola fungsi sistem saraf. Berries merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan, sama halnya dengan blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberi yang juga memiliki kandungan mineral yang luar biasa.

Mineral yang terkandung dalam berries ini sangat membantu manusia dalam pertumbuhan tulang dan banyaknya antioksidan yang terkandung sangat membantu manusia dalam melindungi diri dari stress oksidatif.

3. Kacang-kacangan

Bukan hal aneh lagi jika kacang-kacangan dijadikan sebagai makanan mengandung mineral yang wajib Anda konsumsi. Kacang-kacangan terkenal dengan mineral yang melimpah, contohnya adalah kacang Brazil yang memiliki 174% kebutuhan selenium dalam satu hari. Selain itu, dalam tubuh kacang Brazil memiliki mineral, magnesium, mangan, zinc, selenium, copper, dan fosfor.

Kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi dengan berbagai varian, seperti dijadikan sebagai camilan, dan bisa digunakan sebagai tambahan dalam salad dan smoothies.

4. Hewan Laut yang Memiliki Cangkang

Makanan yang mengandung air lebih cocok disan dingkan dengan hewan laut yang memiliki cangkang, kenapa? Karena shellfish merupakan sumber mineral yang sangat tinggi. Mineral yang terkandung didalamnya terkonsentrasi zinc, copper, selenium, serta zat besi yang akan membantu tubuh Anda dalam menjaga sistem imun.

Menurut para ahli, Anda bisa mengonsumsi 6 tiram dengan ukuran sedang sehingga 30% kebutuhan selenium serta 22% kebutuhan zat besi Anda akan terpenuhi selama satu hari.

5. Ikan Sarden

Ikan sarden sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sangat menyukai jenis makanan dari ikan, ikan sarden sangat dipenuhi oleh vitamin dan juga mineral. Terbukti dalam 106 gram ikan sarden memiliki 88% selenium dan 27% kalsium yang akan membuat hari-hari Anda menjadi lebih sehat. Selain itu juga, kandungan dalam ikan sarden ini memiliki asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam proses peradangan tubuh.

6. Kubis-kubisan

Kubis terkenal sebagai salah satu contoh makanan yang mengandung mineral dan air, karena didalamnya terdapat mineral seperti sulfur yang bermanfaat untuk produksi DNA, detoksifikasi, antioksidan, dan meningkatkan fungsi sel. Selain itu, kubis juga menganudng magnesium, mangan, potasium, dan kalsium yang merupakan mineral terpenting yang harus dimiliki oleh tubuh manusia. Kubis yang bisa Anda konsumsi seperti kol, brokoli, kale, toge, dan jenis kubis lainnya.

Nah, itulah 6 makanan mengandung mineral yang direkomendasikan oleh SehatQ dan tentunya wajib Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Makanan Mengandung Mineral untuk Dikonsumsi Menurut SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel